Permasalahan dan Tawaran Solusi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangkalan

Permasalahan yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangkalan:

Dispenduk bangkalan masih menggunakan sistem manual yang terdapat di kecamatan untuk menyebarkan informasi tentang layanan yang ada pada dispenduk.
Dispenduk bangkalan memiliki website hanya saja disana tidak ada informasi tentang layanan yang ada pada dispenduk, alasan yang diberikan pihak dispenduk adalah pemanfaatnya belum banyak, dari pihak kpk juga mengatakan "harus terintegrasi".
Terkadang masyrakat bingung tentang bagaimana caranya pengurasan catatan sipil dan kependudukan ketika tiba di kantor kependudukan.
Kurangnya tenaga untuk melayani masyarakat.
Petugas terlalu fokus tentang pelayanan sehingga tidak ada yang mengurusi website
Data yang ada pada kecamatan belum terhubung dengan dispenduk bangkalan (pengecekan data masih manual).

Tawaran Solusi untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangkalan:

Menambah tenaga kerja untuk bagian informasi, dan pelayanan
Menyediakan layanan secara online agar mempermudah masyarakat yang berada jauh dari Dispenduk Bangkalan.
Lebih meningkatkan pelayanan secara online juga kepada masyarakat.
Memberikan respon yang cepat kepada masyarakat ketika masyarakat bertanya melalui email, facebook, website, dll
Lebih meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Bangkalan dan Dispenduk Bangkalan  untuk mengembangkan web Dispenduk yang harusnya terhubung langsung dengan web Pemerintah


Kesimpulan:

Kurangnya pemanfaatan teknologi untuk membantu masyarakat Bangkalan untuk mempermudah pemanfaatan layanan-layanan di Dispenduk Bangkalan.
Dispenduk Bangkalan hanya fokus pada pelayanan kepada masyarakat yang datang secara langsung akan tetapi kurangnya penanganan secara virtual.


Narasumber : Pak Anang (Petugas Dispencapil Bangkalan)

Comments

Popular posts from this blog

Overriding and Overloading