Permasalahan dan Tawaran Solusi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangkalan
Permasalahan
yang dihadapi oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangkalan:
•Dispenduk bangkalan
masih menggunakan sistem manual yang terdapat di kecamatan untuk menyebarkan
informasi tentang layanan yang ada pada dispenduk.
•Dispenduk bangkalan
memiliki website hanya saja disana tidak ada informasi tentang layanan yang ada
pada dispenduk, alasan yang diberikan pihak dispenduk adalah pemanfaatnya belum
banyak, dari pihak kpk juga mengatakan
"harus terintegrasi".
•Terkadang masyrakat
bingung tentang bagaimana caranya pengurasan catatan sipil dan kependudukan
ketika tiba di kantor kependudukan.
•Kurangnya tenaga untuk
melayani masyarakat.
•Petugas terlalu fokus
tentang pelayanan sehingga tidak ada yang mengurusi website
•Data yang ada pada
kecamatan belum terhubung dengan dispenduk bangkalan (pengecekan data masih manual).
Tawaran Solusi untuk Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Bangkalan:
•Menambah tenaga kerja
untuk bagian informasi, dan pelayanan
•Menyediakan
layanan secara online agar mempermudah masyarakat yang berada jauh dari
Dispenduk Bangkalan.
•Lebih
meningkatkan pelayanan secara online juga kepada masyarakat.
•Memberikan respon yang
cepat kepada masyarakat ketika masyarakat bertanya melalui email, facebook, website, dll
•Lebih
meningkatkan koordinasi antara Pemerintah Bangkalan dan Dispenduk
Bangkalan untuk mengembangkan web
Dispenduk yang harusnya terhubung langsung dengan web Pemerintah
Kesimpulan:
Kurangnya
pemanfaatan teknologi untuk membantu masyarakat Bangkalan untuk mempermudah
pemanfaatan layanan-layanan di Dispenduk Bangkalan.
Dispenduk
Bangkalan hanya fokus pada pelayanan kepada masyarakat yang datang secara
langsung akan tetapi kurangnya penanganan secara virtual.
Narasumber : Pak Anang (Petugas Dispencapil Bangkalan)
Comments
Post a Comment